Selasa, 08 Februari 2011

Mustika Nada Elektronik: Servis TV Samsung mati total dan vertikal atas garis-garis

Mustika Nada Elektronik: Servis TV Samsung: "Kemarin siang saya dapat servisan TV Samgsun CB5039Z dengan kerusakan mati total. Sebelumnya TV tersebut sudah pernah dibawa ke tempat saya 7 tahun yang lalu, pada waktu itu yang rusak adalah flybacknya. Sebelumnya saya sudah berkesimpulan pasti flybacknya lagi yang rusak karena keluhannya persis seperti kerusakan pada 7 tahun yang lalu. Langsung saja mulai olah TKP, pertama saya cek SMR 40000 ternyata ga! ada masalah. Kemudian dioda R2M saya lepas karna short dan jalur B+ juga saya lepas, kemudian tv tak coba nyalakan ternyata tegangan B+ melonjak sampai 175V, pantesan Dioda R2M nya jebol, setelah kutelusuri ternyata penyebabnya adalah elco 22uf/35v, setelah selesai penggantian elco tegangan B+ kembali normal dan dioda R2m serta jalur B+ saya pasang kemudian tv tak nayalakan lagi dan mak byaaak tvpun bisa menyala tetapi gambar bagian atas ada garis-garis horisontal dan ternyata ada elco 63uf/100v yang kondisinya sudah melepuh, langsug saja kuganti dan kemudian tvpun bisa nyala normal, hatikupun senang. Alhamdulillah ya Allah berkat petunjukmu .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar